Jumat, 17 Maret 2017

PASANG SAKLAR PULSAR 135 DI NEW VIXION LIGHTNING

Alat-alat yang disiapkan :
1. Saklar Bajaj Pulsar 135 (saya belinya online di Bukalapak.com)
2. Skun Kabel type Cewek dan Cowok Ukuran Kecil
3. Socket type Cewek dan Cowok
4. Isolasi Unibel
5. Timah Solder
6. Solder
7. Obeng plus ( + ) dan Minus ( - )
8. Bor Listrik
9. Mata Bor Set

SKEMA  PASANG SAKLAR PULSAR 135 DI NEW VIXION

SAKLAR KANAN PULSAR 135

Tahap Pertama :

Lepas 2 buah kabel yang lebih pada SAKLAR KANAN PULSAR (kabel warna Coklat Tua dan Biru)

Tahap kedua :

Karena system Kelistrikan antara Engine Cut dan Starter Saklar Pulsar 135 dengan New Vixion Lightning (NVL). 
yaitu pada Saklar Pulsar 135 ((Tegangan +) Kabel Abu2/Merah) Engine Cut dan Starter menyatu padan NVL terpisah. jadi harus perlu diubah.

Bongkar SAKLAR KANAN PULSAR kemudian tarik keluar Selang Pelindung kabel.

Potong Kabel Abu2/Merah yang mengarah ke Tombol Starter

Kabel Abu2/Merah yang dipotong tadi, disambung dengan kabel baru.
di sini saya menggunakan kabel warna Kuning dengan cara di Solder agar kuat, jangan lupa diisolasi, Skun ujung keluarannya dengan Skun Kabel type Cewek, kemudian rapikan kembali Selang Pelindung Kabel yang ditarik tadi.

Tahap Ketiga :

Kabel Engine Cut (Coklat/Biru, Abu2/Merah) dan Starter (Kabel Tambahan Kuning, Merah/Kuning) kita pisahkan dari kabel2 yang lain-nya.

Pasangkan Kabel Coklat/Biru dan Abu2/Merah pada Socket Cewek Isi Enam, urutan dan posisi kabel lihat gambar di bawah ini.

Kemudian pasang lagi, kabel Tambahan Kuning dan Merah/Kuning pada Socket Cewek Isi Enam yang sama tadi, urutan dan posisi sesuai gambar. 

Rapikan Kabel-kabelnya.

Tersisah 5 kabel lagi pada SAKLAR KANAN PULSAR, yaitu : (Kuning/Biru, Hitam/Kuning, Coklat/Putih, Ungu, dan Merah).

Lanjut Pisahkan 4 Kabel, yaitu : (Kuning/Biru, Hitam/Kuning, Coklat Putih, dan Unggu)

kabel2 ini adalah kabel jumper SAKLAR KANAN PULSAR ke Saklar Kiri Pulsar. 
Keterangan Kabelnya, yaitu :
  1. Kuning/Biru (Power + Lampu Depan) terkoneksi dgn Kuning/Biru (Saklar Kiri)
  2. Hitam/Kuning (Ground LED dan Lainya) terkoneksi dgn Hitam/Kuning (Saklar Kiri)
  3. Coklat/Putih (Power + LED) terkoneksi dengan Coklat/Putih (Saklar Kiri)
  4. Ungu (Power + dari Kunci Kontak) Terkoneksi dengan Coklat (Saklar Kiri)
(Socket 03 Kanan). SAKLAR KANAN PULSAR 135.
Masukan ke Socket Cewek Isi Enam, urutan dan posisi pemasangan kabel lihat gambar di bawah ini.

Tersisah 1 kabel lagi, yaitu : (Kabel Merah) kabel ini adalah lampu Senja, masukan pada Soket Cewek Isi Satu.

Berikut gambar kabel yang sudah rapih pada SAKLAR KANAN PULSAR yang terdiri dari 3 Buah Socket. yaitu : 
  1. Socket 01 Kanan (Socket Engine Cut dan Starter)
  2. Socket 02 Kanan (Socket Lampu Senja)
  3. Socket 03 Kanan (Socket Jumper ke Saklar Kiri)
Saklar Kanan Pulsar 135 PnP dengan New Vixion Lightning


SAKLAR KIRI PULSAR 135 :

Tahap pertama :

Sebelum mengerjakan SAKLAR KIRI PULSAR, terlebih dahulu kita Korbankan Saklar kiri NVL yang asli 😭, Potong 3 Buah Kabel, caranya lihat dibawah ini :
  1. Hijau Muda (Lampu Dekat) lihat gambar, kabel yang menujuh Socket Lampu Depan.
  2. Hitam (Ground) lihat gambar, kabel Hitam ini ada 4 Cabang (2 cabang ke dalam, dan 2 cabang keluar) jadi jangan salah potong. yang dipotong 1 kabel Hitam yang mengarah ke dalam Saklar NVL,  jangan dipotong yang 1 kabel Hitam menggarah ke Switch Kopling.
  3. Kuning/Merah (Lampu Jauh) lihat gambar, kabel Kuning/Merah ini ada 3 Cabang ( 2 cabang ke luar dan 1 cabang kedalam) jadi yang dipotong yang 1 cabang menujuh ke dalam Saklar NVL.

Lebih Jelasnya kabel yang dipotong lihat gambar dibawah ini :

Tahap kedua :

Potong Selang Pelindung Kabel SAKLAR KIRI PULSAR tepat di tengah-tengah (seperti gambar dibawah ini)

Kemudian Kabel Switch Koling (Merah/Hitam, dan Hitam) yang diambil dari Saklar NVL, diisolasi ke SAKLAR KIRI PULSAR agar tidak bergerak/berubah posisi pada saat pemasangan kabel yang lainya. (lihat gambar dibawah ini)

Lanjut dengan pemasangan Socket-nya, urutan atau posisi lihat gambar dibawah ini.

Tahap ketiga :

Selanjutnya pindah ke Selang Kabel SAKLAR KIRI PULSAR yang dipotong tadi, cari kabel Merah/Hitam (lampu jauh) potong dan di Solder dengan kabel Kuning/Merah cabang 3 yang diambil dari Saklar NVL. (lihat gambar)


Ket. Kabel Merah/Hitam yang saya maksud adalah kabel Merah/Hitam (lampu jauh) dari saklar pulsar bukan kabel Merah/Hitam (Kopling) yang diambil dari saklar NVL 

lanjut cari Kabel Merah/Kuning (lampu dekat) Potong dan Solder dengan Kabel Hijau muda NVL. (lihat gambar)

lanjut cari kabel Hitam/Kuning jangan digunting putus tetapi dikupas sedikit di tengah, solder dengan kabel Hitam 4 Cabang yang diambil dari NVL. (lihat gambar).
setelah itu rapikan semua kabel, isolasi bagian yg disolder dan pasangkan selang pelindung lagi.

Tahap keempat :

Selanjutnya setelah rapih, 
Gunting sedikit Selang Pelindung lagi, kira-kira 7 cm dari ujung Selang Pelindung, Kemudian keluarkan 4 Kabel, yaitu : (Coklat, Hitam/Kuning, Coklat/Putih, Kuning/Biru) skun dengan skun kabel type cowok, (lihat gambar dibawah).

Lanjut, kupas sedikit kabel Coklat, kemudian solder dengan kabel Coklat tambahan, di isolasi dan diskun dengan Skun kabel Cowok.

kemudian kabel Coklat tambahan tadi, dimasukan lagi sampai ke Ujung Selang Pelindung Kabel. (lihat 2 gambar dibawah)

4 kabel yang terpisah Sendiri, yaitu (Coklat, Hitam/Kuning, Coklat/Putih, Kuning/Biru) ini adalah Kabel2 Jumper SAKLAR KIRI PULSAR Ke Saklar Kanan Pulsar.
Keterangan kabel, yaitu :
  1. Kuning/Biru (Power + Lampu Depan) terkoneksi dgn Kuning/Biru (Saklar Kanan)
  2. Hitam/Kuning (Ground LED dan Lainya) terkoneksi dgn Hitam/Kuning (Saklar Kanan)
  3. Coklat/Putih (Power + LED) terkoneksi dengan Coklat/Putih (Saklar Kanan)
  4. Coklat (Power + dari Kunci Kontak) Terkoneksi dengan Ungu (Saklar Kanan)
(Socket 03 Kiri). SAKLAR KIRI PULSAR 135.
Masukan ke dalam Socket Cowok Isi Enam, urutan dan posisi pemasangan Kabel lihat gambar dibawah ini.

Tahap kelima :


Tahap Selanjutnya merapikan 8 Kabel yang belum di Pakaikan Socket, sebelum dipakaikan Socket, ujung kabelnya di Skun duluh menggunakan Skun Kabel Cowok.

Selanjutnya  Pisahkan 2 Kabel, yaitu Hitam (Klason) dan Orange (Flasher/ + Lampu Sein) Masukan ke Socket Cowok isi Dua.

Tersisah 6 Kabel, yaitu : Coklat (Power (+), Hijau (Sein Kiri), Abu-abu (Sein Kanan), Hitam (Ground), Kuning/Merah (Lampu Jauh), Merah/Hitam (Kopling)
Keterangan kabelnya, yaitu :
  1. Coklat (Power + dari Kunci Kontak)
  2. Hijau (Sein Kiri)
  3. Abu-abu (Sein Kanan)
  4. Hitam (Ground)
  5. Kuning/Merah (Lampu Jauh)
  6. Merah/Hitam (Kopling)

Pasangkan ke Soket Cowok Isi Enam, Urutan dan Posisi Pemasangan Kabel Kabel :
  1. Hijau
  2. Abu-abu
  3. Hitam
  4. Coklat
  5. Merah/Hitam
  6. Kuning/Merah

Berikut gambar kabel yang sudah rapih pada SAKLAR KIRI PULSAR yang terdiri dari 3 Buah Socket dan 1 Buah Socket Output Lampu


(lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini)
  1. Socket 01 Kiri (Socket Colok ke Motor)
  2. Socket 02 Kiri (Socket Colok ke Motor)
  3. Socket 03 Kiri (Socket Jumper ke Saklar Kanan)
  4. Socket 04 Kiri (Socket Kopling)
  5. Socket Output Lampu (Socket Colok ke Bohlam Lampu Depan)
Saklar Kiri Pulsar 135 PnP dengan New Vixion Lightning


PEMASANGAN PADA MOTOR

Tahap Pertama :
Pemasangan pada Stang Setir NVL.

karena NVL menggunakan 2 Kabel Gas, sedangkan PULSAR 1 Kabel gas saja. maka SAKLAR KANAN PULSAR perlu dibuatkan 1 Lubang lagi untuk pemasangan 2 kabel gas tersebut . 
gambar dibawah ini saya pinjam dari suhu di http://periwel.com 
2 Kabel Gas NVL terpasang di Saklar Pulsar 135
Sebelum Saklar Pulsar dipasang pada Stang Setir NVL, Stang Setir NVLnya juga perlu dilubangi, agar Saklar bisa terpasang dengan rapi (maaf bro prosesnya saya lupa foto)🙏.


Tahap kedua :
Pemasangan pada Soket Motor.

Koneksikan Socket Jumper SAKLAR KANAN dan KIRI 

Cari 2 Socket Putih motor, Soket Putih Isi Dua dan Soket Putih Isi Enam (lihat gambar) 

Koneksikan (Socket 02 Kiri) ke Socket Isi Dua motor, yaitu : Socket Klakson dan (+) Sein/Flasher

lanjut Koneksikan (Socket 01 Kiri) ke Socket Isi Enam motor, yaitu (Ground, Sein Kanan, Sein Kiri, Powe (+), Kopling, Lampu Jauh.

Selanjutnya koneksikan (Socket 01 Kanan) ke Socket Warna Hitam motor (Socket Isi Enam tetapi di dalam hanya ada 4 Skun Kabel) socket ini adalah soket Engine Cut dan Starter.

Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

Tersisah 1 Lagi Socket yang belum di koneksikan (Socket 02 Kanan) yaitu Lampu Senja.
Siapkan kabel Jumper seperti dibawah ini (saya gunakan Kabel Biru), ujung-ujungnya di Skun pake Skun Kabel Cowok, dan di tengah kabel dikupas.

Selanjutnya cari Socket Lampu Senja, lepas Kabel warna BIRU MUDA dari Socketnya.



Kemudian diisolasi atau di bungkus.

Masukan Kabel Jumper warna BIRU yang kita buat tadi ke Socket tempat kabel BIRU MUDA yang diganti tadi, ujung yang satunya ke Soket Isi Satu Saklar Pulsar.

Kemudian Siapkan lagi 1 Kabel Jumper (Panjang 2 Meter) saya gunakan kabel warna MERAH di gambar dibawah ini, Koneksikan dengan kabel jumper BIRU  (Lampu Senja) yang dikupas tadi, kemudian tarik sampai ke belakang dekat LampuBelakang. 

Setelah kabel Merah di tarik ke belakang, lepas Cover Body bagian Atas, selanjutnya cari Soket Putih Isi Tiga, lepaskan Kabel BIRU MUDA (kabel Lampu Senja Belakang). ganti dengan kabel MERAH jumper. jangan lupa diisolasi kabel BIRU yang dilepas.

Rapikan kembali semua kabel, isolasi bagian2 kabel yang terbuka, Pasang kembali Cover Body Atas bagian belakang dan Cover Lampu Depan.

jangan lupa Soket Kopling di Colokkan kembali ke Switch Kopling, selanjutnya kita coba hasil kerjanya... 
jika berhasil, Selamat .... jika belum berhasil, coba baca dengan teliti urutan pekerjaan diatas.

Berikut gambar hasil pemasangan Saklar Pulsar 135 ke New Vixion Lightning. 
Saklar Pulsar 135 Terpasang di New Vixion Lightning

Saklar Pulsar 135 Terpasang di New Vixion Lightning

31 komentar:

  1. Untuk pemsangn di NVA sama ga gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro Irfan, maaf kalau di NVA belum sya praktekin.
      Tpi dengar2 Arus kelistrikan lampu NVL dengan NVA berbeda, di NVA suda DC sedangkan di NVL msi AC, jadi kalau NVA suda DC cara di ats sepertinya bisa di aplikasikan. Atw coba konsultasi dengan bengkel2 yg memgerti kelistrikan motor.

      Hapus
  2. Kalau untuk old vixion caranya bagaimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. arus listrik di old vixion suda DC, tinggal sesuaikan aja sekema warna kabel old vixion dengan skema warna kabel saklar pulsar.

      Hapus
  3. Om kalau di vari150 bagaimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Vario 150 Holder Saklarnya tidak muat Bro, kecuali di modifikasi pasti bisa.

      Hapus
  4. Apa bisa di aplikasikan ke Scorpio?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kelistikan Scorpio sudah DC pasti bisa, tetapi kalau masih AC harus dirubah ke arus DC, karena LED di Holder Pulsar 135 itu DC bro.

      Hapus
  5. apa bisa dipasang di fino 125 fi y mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa gan. brikut link cara pemasangannya:
      https://otomotifnet.gridoto.com/read/02110006/yamaha-fino-pasang-sakelar-bajaj-pulsar-135ls-bisa-nyala?page=all#!%2F

      Hapus
  6. misi om mau nanya untuk pemasangan di motor byson bisa ga mohon info

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja gan, yang penting arus kelistrikan Yamaha byson sudah DC.

      Hapus
  7. Kalau pakai saklar Pulsar 220NS gmn bos pasang nya di nvl kn warna kabelnya beda

    BalasHapus
  8. Gan ko,lampu led di holder nya ga nyala ya gan punya tips ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk motor NVL perhatikan baik2 skema di atas jangan sampai salah atau terlewat penyambungannya.

      Hapus
  9. Om kalo untuk vario 125 new 2018 wiringnya gmna ya Om...??
    Mohon dibantu ya Om... Hee

    BalasHapus
  10. Om gimana kalau pemasangan saklar kiri all new vixion ke new vixion lightning? Mohon pencerahannya. Trims

    BalasHapus
  11. Klo fulsar 180 pake holder 135 ada cara nya ga

    BalasHapus
  12. Om tanya donk. .Masalah saklar ane adalah..jika engine cut off ditekan ke posisi untuk siap stater, dia malah langsung stater,
    Padahal blom pencet tombol stater.
    Kira kira kenapa ya. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. bro salah potong kabel (Abu-abu List Merah). karana kabel (Abu-abu list merah) itu ada dua cabang yang satu mengarah ke Tombol Starter, dan satunya mengarah ke tombol Engine Cut OFF, yang diptong itu kabel Abu-abu list Merah yang mengarah ke Timbol Starter dan disolder ke kabel baru (contoh diatas saya pakai Kabel KUNING)

      Hapus
  13. Ini kalo mau pasang di old cb150r biar bisa PNP gimana caranya gan ?

    BalasHapus
  14. Gan klo mau pasang di sonic 150r bisa kan, tapi mau engine cut bukan on of lampu senja

    BalasHapus
  15. Gaen klau rakit punya ori pulsar ke pnp Nmax apa sma kyag vixion

    BalasHapus
  16. Pernah pasang spido kawasaki bajaj ke vixion gak gan

    BalasHapus
  17. Bisa di aplikasikan ke tiger revo om ?

    BalasHapus
  18. Om kalau discorpio apakah sama urutannya wiring kabelnya dengan nva?

    BalasHapus
  19. Masih aktif ga nih blog ya? Need help

    BalasHapus
  20. Tutorial pemasangan saklar pulsar ke soul gt 125 dong bang

    BalasHapus
  21. IZIN tanya untuk Pasang ke NMAX Bang. Sukses Selalu Blog nya
    kebetulan ada tugas, disuruh pasang punya temen yg keadaan Holder nya bukan baru dan kurang normal.
    makasih
    Andre 0822 3190 9769

    BalasHapus