Ok Bro2 sekalian kali ini saya ingin
membagikan Tutorial cara merubah arus listrik New Vixion Lightning dari AC menjadi DC, yang sudah saya
praktekan pada Motor saya sendiri.
Kenapa saya Fullwave NVL saya karena saya
ingin memasang Saklar Pulsar 135 di NVl saya. Saklar Pulsar 135 membutuhkan
arus DC agar LED di Holdernya bisa menyala.
Bahan-bahan:
1. Kiprok Tiger Ori
2. Soket kiprok Tiger (6 pin) dan Skun kabel
3. Volt Meter untuk memantau tegangan Accu/Aki (disini saya Pake Voltmeter
Koso)
4. Dua buah Kabel panjang masing2 kabel 1,5 meter (dibuat seperti gambar di bawah ini agar bisa PnP (tidak mengupas kabel bawaan Motor)
5. Isolasi Unibell
6. Obeng untuk Buka Body Motor
6. Obeng untuk Buka Body Motor
Untuk Pemasangan Lihat Skema berikut yang saya ambil dari garasi modifikasi dan sudah saya tambah-tambahin keterangannya.
(Sebelum melakukan pembongkaran
sebaiknya Kabel Tegangan Negatif ( - ) Pada Accu/ Aki dilepas terlebih dahulu agar tidak terjadi korsleting.)
A. Pembongkaran Kabel yang menuju Spull
Bongkar panel Sebelah Kiri motor. kabel Spull-nya dihalangi pelindung dari karet Hitam, samping tabung reservoir air radiator.
Terlihat ada 4 kabel dari arah spull
:
- KABEL PUTIH dari Spull ===> Output KABEL PUTIH Motor
- KABEL PUTIH dari Spull ===> Output KABEL HITAM Motor
- KABEL PUTIH dari Spull ===> Output KABEL PUTIH Motor
- KABEL MERAH MUDAH dari Spull ===> Output KABEL MERAH Motor
SOKET PUTIH KECIL yang ada KABEL PUTIH dan MERAH MUDA dari spull masuk ke KABEL PUTIH dan MERAH motor. Ini kabel pulser bro, jangan diutak-atik.
SOKET PUTIH KECIL yang ada KABEL PUTIH dan MERAH MUDA dari spull masuk ke KABEL PUTIH dan MERAH motor. Ini kabel pulser bro, jangan diutak-atik.
DUA KABEL PUTIH dari spull yang
masuk ke SOKET PUTIH BESAR, keluarannya adalah KABEL PUTIH dan HITAM motor.
Ambil kabel baru (disini saya pakai KABEL BIRU STRIP ABU-ABU) masukan ke SOKET tempat KABEL HITAM motor dicabut.
(kabel BIRU STRIP ABU-ABU ini diteruskan untuk dicolok ke PIN NO. 5 Kiprok Tiger)
(Jangan lupa Kabel HITAM yang dilepas tadi di Isolasi)
Tarik KABEL BIRU STRIP ABU-ABU Skun Cewe ke tempat Kiprok NVL yang akan diganti.
B. Pembongkaran Kiprok NVL
(sebelum melepas kabel2 dari Soket Kiprok yang perlu diperhatikan adalah Kabel Negatif ( - ) Accu/Aki dilepas duluh, agar pada saat skun kabel Kiprok bersinggungan tidak terjadi korsleting sehinggi menyebapkan Sekring 15 Ampere di samping Accu/Aki Putus)
Copot kiprok bawaan NVL,
Lanjut cabut kabel2 dari Soket Kiprok bawaan NVL, yang terdiri dari : (1 Kabel PUTIH, 1 Kabel HITAM, 1 Kabel KUNING, 2 Kabel MERAH di Sekun Jadi satu, )
C. Pemasangan Kiprok Tiger
JALUR KABEL PEMASANGAN DI KIPROK TIGER
- kabel MERAH (2 kabel yang digabung
jadi 1 skun) == > pasang ke PIN NO.1 soket kiprok tiger.
- kabel HITAM ===> pasang ke PIN NO.3 soket kiprok tiger.
- kabel PUTIH ===> pasang ke PIN NO.4 soket kiprok tiger.
- Kabel tambahan (BIRU STRIP ABU-ABU sesuai yang saya buat) yang langsung dari spull tadi
===> pasang ke PIN NO. 5 soket kiprok tiger.
- kabel PUTIH ===> pasang ke PIN NO.4 soket kiprok tiger.
- Kabel tambahan (BIRU STRIP ABU-ABU sesuai yang saya buat) yang langsung dari spull tadi
===> pasang ke PIN NO. 5 soket kiprok tiger.
-
Tinggal 1 kabel lagi Bro, kabel KUNING yang dicabut dari Soket kiprok
NVL, Sebelum
dipasang ke PIN NO. 2 soket kiprok tiger, kabelnya disambung ke dulu ke (kabel KUNING STRIP ABU-ABU yang saya buat PNP)
Langkah selanjutnya buka Tangki Bensin dan di dongkrat, KABEL KUNING STRIP ABU-ABU yang saya buat PNP tadi ujungnya
yang tidak diskun, ditarik sampai kebawa tangki bensin, karena kabel kunci kontak NVL (warna COKLAT GARIS BIRU) terletak di bawah tanki bensin
Dan Selanjutnya KABEL KUNING STRIP ABU-ABU disambungkan ke KABEL COKLAT GARIS BIRU di Soket Kunci Kontak.
Pastikan semua sambungan rapet, kenceng. Kalo udah yakin semuanya sesuai langkah-langkah diatas, pasang lagi kabel Negatif ( - ) Accu/Aki, trus coba di-on kan kontaknya
D. Berikut gambar2 tengan Accu/Aki yang di pantau dengan Voltmeter :
1. Pada saat kunci kontak di ON ( 12,8 V turun s/d 12,5 V) Normal
2. Starter dihidupkan dan mesin dalam putaran langsam/tampa di gas. (14,3 V atau 14,4 V) Normal, kalau lebih dari itu 14,4 Volt artinya Kiproknya jebol atau rusak, itu sih yang saya tahu.
3. Pada saat di beri beban, atau Lampu utama dihidupkan (14,2 V atau 14,3 V) Normal
NB : Setelah modifikasi Fullwave Yamaha NVL ini berhasil, kekurangannya adalah Lampu Indikator Lampu Jauh pada Speedometer tidak menyala, hal tersebut dikarenakan lampu indikator lampu jauh pada speedometer NVL masi menggunakan Arus AC, agar bisa menyala maka harus dilakukan bypass jalur arus lampu tersebut.
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat blog-blog sebelah atau blognya mazped.com
mantap bos
BalasHapusBisa bikinin yg aku ga boss ? Wa 082211511080
BalasHapusmotornya apa gan?
Hapuskalau NVL ikut aja cara di atas, cara di atas tanpa merubah/memotong kabel Asli motor dan Spull.
Gan , kalo Kiprok Tiger dipasang di old Vixion apa aja yang diubah ??? Terimakasih
HapusOld vixion kan arusnya sudah DC jadi tdk perlu pake kiprok tiger lagi.
Hapussaya pakai kiprok tiger krna Arus listrik NVL saya AC jadi saya rba ke DC.
Kiprok tiger lama sama tiger revo sama gak om?
BalasHapussepengetahuan saya sama bro, krna part numbernya juga sama.
HapusAne udh pasang kuprok Tiger ke NVL bro, yg mau ane tanyakan beberapa saat ane nyalakan motor emg Langsam bgt, tapi kuprok jadi makin panas, apa itu normal atau ada masalah...? Mohon pencerahan nya donk bro trimakasih....
BalasHapuskiprok panas itu normal bro, kecuali arus outputnya saat langsam maupun digas itu lebih. dari 14.4, kalau lebih artinya kiproknya jebol. coba pakai voltmeter untuk memantau arus, atau test pakai multitester.
HapusBos mau konsultasi ni. Blh mnt wa
BalasHapusBuat motor vixion lo pke kiprok tiger gk perlu modip spull. Biar arusnya jdi pullwave bos. Tlng yaa
BalasHapusngak perlu modif spull bro,cara sya di atas tidak potong2 kabel aslinya. jadi kalau sebentar kalau mau pakai kiprok aslinya/bawaanya tinggal kabel tambahanya di cabut aja kembalikan seperti semula.
HapusHati2 bro biarpun bagus lama2 spull gosong motor error klo mesin panas.
HapusBro sampai dengan saat ini motor saya aman2 aja.
HapusKalo kiprok old vixen bisa pake kiprok tirev gak bang?
BalasHapusUntuk Old Vixion arusnya kan suda DC jadi bagusnya tetap pakai kiprok Old Vixionnya, saya pakai Kiprok tiger karena arus NVL itu AC (pengen pasang Saklar Pulsar 135 yang arusnya DC yang ada lampu LED di dalam holdernya)
HapusUdh pernah riview yg pkek kiprok vixion old gk gan.. Caranya gimn ya biar fullwave. Terimaksih
Hapusminta update kesehatan motor situ dong yang rubah kiprok tiger alias fullwave, apakah masih sehat? kalo masih sehat ane praktekin ke NVL ane nih hehe
BalasHapusSampai sekarang sudah 1 Tahun lebih motor NVL saya masih aman-aman aja gan, trus lampu LED di Saklar Pulsar 135 yang saya pasang masih awet tampa kendala/putus.
HapusBang kalo saya mau ganti aki ke ampere yg lebih besar apa kiproknya harus ganti juga ?
Hapusbro arus d voltmeter saat langasam 14.2 ktka msin ane mtiin kok mlh turun y bro pdhal kiprok baru knpa ya kira2,trs bru idup 5 mnit kiprok pnas mhon pncrahanny
BalasHapusgan mesinya sih mati, tpi sensor suhu, sensor pump bensin dan sensor lainya, biasanya masih hidup. coba perhatikan pada saat kunci kontak kita putar ke On, tanpa di starter, pasti lampu indikator spido meter langsung hidup. trus pompa bensin bunyi. otomatis itu menguras Arus Accunya, makanya arus turun. kiprok panas itu normal gan. supaya tdk terlalu panas bagusnya di tempelkan ke rangka bodi karna rngka bodi brfungsi sebagai peredam panas.
Hapuskabel warna kuning di bikin ganda ya ? Jadi yg satu masuk ke pin no2 yg satunya lagi ke kunci kontak ?
BalasHapusia gan, dibuat cabang 3, 1 pakai skun cowok, 1 pakai skun cewek, 1 nya polos aja. skun cewek di masukan ke Socket pin no. 2, skun cowoknya di colakan ke kabel kuning gh dilepas dari Soket kiprok NVL. trus yg polos itu diteruskan ke kunci aoket kunci kontak.
Hapusilmu yg semoga bermanfaat
BalasHapusUdh coba cara di atas kok aki jadi tekor ya gan kebel tambahan yg ke pin no 5 sambung ke soket kabel yg di putus apa ke soket spull ?
BalasHapuskabel tmbahan warn biru yg dari pin 5 itu tersambung ke kabel warna putih yg dari spul. jadi kabel tambahan biru itu pengganti kabel warna hitam yg di lepas dari soket. kabel hitam diabaikan saja/ diisolasi ( catatan gan kabel putih yg dri spull itu ada dua. jadi jangan di pindah2 dari soketnx)
HapusUdh coba cara di atas kok aki jadi tekor ya gan kebel tambahan yg ke pin no 5 sambung ke soket kabel yg di putus apa ke soket spull ?
BalasHapusMasukan ke soket spull bang kan aliran listrik dari situ
HapusKo punya saya udah di coba lampu depan ok tapi lampu on of n stater mati
BalasHapuslampu on/off yg mana maksudnya?
Hapuskalo pake kiprok nmax gmn bro?
BalasHapusbelum coba bro.
HapusPunya saya yg ada kabel merah, hitam, putih 2 biji.. Warna kuning gk ada
BalasHapusMotornya apa gan? NVL bukan?
HapusOm, yang saya malah kabel dari kontak ngarah ke spul. Gitu juga emang bisa ya?
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSudah aq coba cm mentok di jok kiproknya,hrs di modif bkinin du2kan sndri
BalasHapusia Bro, dudukan Kiproknya harus dimodif karena mentok di Jok. usahakan kiproknya harus nepel dirangka motor atau besi tambahan, karena rangka motor berfunsi sebagai peredam panas kiprok.
HapusOld vixion itu udah fullwave ya gan?
BalasHapusia.
HapusBisa apa gak ya kiprok tiger dipasang di R25,,, ๐๐๐
BalasHapusBlum perna coba gan.
HapusPake kiprok bawaan nvl bisa gk ya
HapusBoleh liat foto dudukan kiproknya bro?
BalasHapusOm, kok nvl saya kalo pakai lampu gabisa hidup ya? tapi kalo lampu tembak nya dimatikan, bisa hidup di starter.
BalasHapuskenapa ya om?
Bro, mau tanya, sya berhasil coba tutor dr mas bro jd fullwafe. Seharian normal sya pantau lewat voltmeter 14.6- 14.8 pas dibuat jalan.
BalasHapusHari berikutnya tetap normal lampu,starter dll, tp di voltmeter kok turun ya. Jd 11.4 - 11.7 padahal lg buat jalan. Mohon info & solusi nya bro.. thanks..
Gan solusi saya:
Hapus1. Apa kiprok tiger agan, beli yg ori?
2. Accu/aki masih baru atau suda lama dipakai?
Bro kenapa kabel pada soket kiprok sering panas sampe kaya mau meleleh.
BalasHapuskalau kabelnya pada soket meleleh stlh dibuat fullwave :
Hapus1. kiprok panas itu wajar, kalau panas berlebih artinya kiprok bukan ori tiger, karena tutorial di atas saya pakai punya kiprok tiger ori harga 600ribuan.
2. coba bautkan kiprok pada rangka motor, karna rangka motor berfungsi meredam pnas kiprok.
Mumetttttt
BalasHapusBang motor gua fino 113. Kiprok nya sama kek nvl ga sih? Gua mau nyoba bikin, cuman gatau itu skun ukuran berapa? Soal nya susah beli di bengkel nya. Makasi bang.
BalasHapuskiprol fino 135 sama dengan nvl, cuma jalur kabel kelistrikan aja yang beda dikit. untuk ukuran skun soket pakai yang ukuran besar.
HapusBang buat artikel untuk pemasangan kiprok nmax di NVL plisss
BalasHapusBang buat artikel untuk pemasangan kiprok nmax di NVL plisss
BalasHapusBang boleh lihat contoh dudukan kiprok nya ? Makasih
BalasHapusGan kiprok vixion old ane overcharge apa bisa d perbaiki selain di ganti yg baru trmksh..
BalasHapusmhn maaf bro , , mau tanya klo ngerubah arus DC jadi AC bisa ngak buat mtr minerva sy trms
BalasHapusKalau pakai kiprok nmax skmamya seperti itu bisa apa ngak
BalasHapusSolusinya gann, jalur udah bener kok malah hilang pengapian ya? dari koil gaada apinya
BalasHapusAne udah ikuti caranya, tapi selang beberapa menit t kiprok panas+jalur kabel dari spup yang item tuh ikutan panas juga kek mau meleleh karetnya, normal ga?kenapa ya?
BalasHapusMau tanya gan nvl saya udah fullwave seperti itu setelah pemakaian sekian bulan terdakang arus bisa turun sampe 8, v keadaan motor jalan.kira kira itu masalahnya dimana yah.minta pencerahannya gan.terimakasih
BalasHapuskalau gak pakai lampu arusnya 15 lebih baik ngggak bang buat akinya
BalasHapus